Ospek adalah musuh besar mahasiswa

__________________________________________________________

Nah ini dia sekelumit foto cerita lucu, menarik, yang kadang saat itu dirasakan

mendongkolkan oleh para mahasiswa baru…dinikmati aja ya…

ospek 48 1

baca selanjutnya :

(http://sanikasatyawada.wordpress.com/2006/12/)

_______________________________________________________

Sesuai dengan namanya, apakah tujuan awal dari Ospek adalah untuk membantu mahasiswa baru mengenal program studi dan kampusnya? Iya, memang. Tapi bukan itu yang jadi pertimbangan kenapa perploncoan menjadi bagian lekat darinya. Dalam maksud saya menawarkan alternatif atau modifikasi dari model ospek yang ada, saya merasa akan lebih adil kiranya untuk terlebih dahulu menilik baik-baik maksud dan logika pembentukan budaya perploncoan ini. Jangan hanya mencela tanpa berusaha memahami, karena di balik aktivitas yang unik ini pasti ada motif baik yang bisa kita temukan. Tidak mungkin perploncoan bisa menjadi budaya bila bukan karena kemanfaatan positif yang bisa dihasilkan darinya.

474028840 225f33cf73 b Tinjauan Kritis Ospek Perploncoan Mahasiswa Baru

Senior yg melakukan ospek seperti ini mustinya punya tujuan baik. Sekarang tinggal kita telusuri lagi bagaimana sih kok bisa perploncoan yang kayak gini bisa dibilang punya manfaat positif. [foto diambil dari koleksi mas Dhana]

Perihal selanjutnya yang melatarbelakangi keberlangsungan ritual ospek ini adalah adanya motif untuk memperkuat ikatan personal yang sering dibahasakan sebagai kesolidan atau kekompakan. Menelusuri lebih jauh, ritual pembentuk kesolidan ini telah dilestarikan sedemikian lama untuk meyakinkan sebuah kelompok bahwa anggota barunya itu memang berkomitmen dan layak untuk menjadi anggota besar dari kelompok.

2472714799 ed6ea06b28 Tinjauan Kritis Ospek Perploncoan Mahasiswa Baru

Semakin rahasia atau underground, semakin ekstrim dan luar biasa sebuah ritual ospek dilangsungkan, maka dikatakan semakin kuat pula ikatan, komitmen dan rasa saling ketergantungan yang terbentuk. Demikian temuan dari Robert B. Chialdini ketika menjelaskan fenomena effort extra. Semakin besar upaya yang harus dilakukan untuk mencapai sebuah komitmen, semakin besar pula pengaruh yang dihasilkan untuk membentuk perilaku orang2 yang melakukannya.

baca selanjutnya :
( http://akhmadguntar.com/pemikiran/tinjauan-kritis-ospek-perploncoan-mahasiswa-baru/ )
__________________________________________________________

OSPEK berguna atau berbahaya

ospek

ada ide u/ nulis tentang OSPEK gunanya apa?

trus googling….eh dah banyak yg nulis…….ada yg setuju ada yg enggak

sy pribadi benci banget yg namanya OSPEK..MOS…DINAMIKA ato apalah…….dulu sy hanya ngrasa benci….tanpa didukung oleh teori2 para ahli, + pngalaman2 idup sy juga baru nyampe SMA, awal kuliah…..

sekarang……

sy makin banyak nemuin alesan kenapa OSPEK itu mank lbih baik dihapus dan diganti oleh program baru.

meninggal ospekyg paling negatif dari OSPEK itu tentu saja meninggal…….& sudah beberapa kali terjadi….., setelah itu siapa yg bertanggung jawab? peserta OSPEK itu sendiri ? panitia?…sy yakin niat balas dendam si mungkin saja ada…tp klo sampe menyebabkan seseorang meningal sy rasa 99% gk mungkin…..atau pejabat2 dikampus ???? sepertinya mreka malah yg paling sulit dibuktikan keterlibatannya …coz mreka kmungkinan besar lg gk ada di TKP….yg ada hanyalah orang-tua yg bersedih.

disiplinskitar 90% mnurut sy yg membuat OSPEK berbahaya adalah….OSPEK itu memberikan gambaran yg buruk tentang DISIPLIN…..berapa lamanya OSPEK ???3 hari – 1 minggu…..

harus bangun pagi

aktifitas penuh…..dibentak2, dikerjain…..& peserta OSPEK jg bisa merasakan aroma balas dendam…bukan mendidik…..ada panitia yg bener2 kliatan sok galak nya itu……

pulang harus mengerjakan tugas2 yg gk ngerti gunanya apa….

ya….hanya skitar 1 minggu…..lalu efeknya….jadi ada gambaran buruk tentang bangun pagi…..ada gambaran buruk tentang banyak aktifitas (rajin)…ada gambaran buruk tentang menuntut ilmu…….

kalau disiplin OSPEK itu dilaksanakan selama 3 tahun (bangun pagi trus mengerjakan tugas2 yg terlebih dahulu diberitau kegunaannya apa)…mungkin saja disiplin itu jadi bagian dari diri peserta OSPEK….tp 1 minggu…….mnurut sy malah negatif.

baca selanjutnya:

( http://rivaekaputra.wordpress.com/2009/08/08/ospek-berguna-atau-berbahaya/ )

_______________________________________________________

demikian sedikit dari kutipin berbagai macam kejelekan dalam nama ospek........

silahkan anda merasakan sendiri.........

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Mohon klarifikasi untuk foto ospek "bugil" univ. trisakti yang anda tampilkan. Kebetulan saya civitas academica trisakti. Saya tidak pernah mendengar maupun melihat sesuai gambar yang anda posting. Mohon agar berhati-hati jika menampilkan berita yang belum tentu kebenarannya, agar tidak terjebak kearah berita bohong apalagi fitnah.
Terima kasih

Unknown mengatakan...

maaf mas, anda mendapatkan foto bugil tersebut apakah ada bukti bahwa memang benar itu di trisakti? bisa anda berikan asal muasalnya?
Saya alumni trisakti dan tidak pernah mengalami maupun memperlakukan junior saya seperti itu.
Hati-hati mas dalam memposting sesuatu yg belum jelas asal muasalnya.
Link Bloggaul yang anda sertakan juga tidak ada halamannya..
Jika anda ingin sukses, apakah harus seperti ini caranya?
Saya minta anda dapat memperbaiki blog anda ini sesegera mungkin. Terima kasih..

Rara mengatakan...

pas banget aku juga barusan nulis hal ini berkunjung ya gan.. :D
http://duniakuberwarna.blogspot.com/2010/10/legalnya-kemunafikan-berkedok.html

Posting Komentar

Blogger templates