Hasil Analisa Wireshark

Enkapsulasi & Dekapsulasi Dalam Model Referensi (kali ini kita memakai Model OSI), terdapat 7 layer yang memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Misalkan pada layer Application, fungsinya adalah sebagai pengolah/pembuat/developer data sebelum dikirimkan ke network. Naaaahhh... di dalam setiap layer, ada data yang diolah dengan bentuk tertentu, tergantung layer yang dilaluinya. Analoginya, data yang didistribusikan, semakin mendekat ke layer terakhir, semakin terbungkus oleh header sebagai bungkus paket data. Dan semakin dekat dengan layer awal, maka data semakin terurai hingga berbentuk datagram. Data yang melintas pada layer-layer tersebut disebut dengan PDU (Protocol Data Units). Untuk lebih rincinya lagi, PDU apa saja yang ada pada Model OSI, dan seperti apa proses enkapsulasi dan dekapsulasi terjadi, berikut prosesnya.


1. Application, Presentation, Session = Datagram


Dalam layer-layer ini, hanya ada satu PDU saja, yaitu Datagram. Datagram adalah data yang masih berupa data hasil developed atau buatan stand-alone application dalam komputer. Data ini cenderung masih bisa dimengerti oleh kita, belum menjadi data yang berbentuk abstrak. Selain itu, Datagram juga belum terbungkus oleh header yang menyediakan info-info yang diperlukan dalam mengirim datagram tersebut.

2. Transport = Segment




Pada layer Transport, Datagram mulai dibungkus dengan header. Header ini berisi tentang source port, destination port, panjang header, dan info-info lainnya, hingga menjadi PDU baru yang bernama segment.
3. Network = Packet



Setelah itu, segment mulai dibungkus kembali dengan header. Header ini berisi tentang info versi IP, detail alamat IP, dsb., sehingga menjadi PDU yang bernama packet.
4. Datalink = Frame

Lalu, Packet pun dibungkus kembali dengan header. Header ini berisi tentang waktu yang tercatat saat melakukan proses pembungkusan dan pengiriman data, hingga menjadi sebuah PDU baru yang bernama frame.

5. Physical = Bitstream



Terakhir, Frame dibungkus dengan header kembali. Header ini berisi tentang info MAC address source dan MAC address destination, hingga PDU ini bernama bitstream. Bentuk ini bentuk terakhir dalam enkapsulasi. Setelah ini, langsung dikirimkan melalui media transmisi hingga sampai di host yang lain.


Semua proses ini dinamakan Enkapsulasi. Sedangkan Dekapsulasi, adalah proses yang terjadi dari layer bawah ke atas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates