Pantai Napabale dan Danau Napabale

Danau Napabale merupakan danau air asin yang terletak di kaki bukit Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Danau ini bersebelahan dengan laut yang dihubungkan oleh terowongan alam sepanjang 30 meter dengan lebar 9 meter. Melalui terowongan tersebut, Danau Napabale memperoleh suplai air dari laut. 
Danau Napabale
Jumlah debit air danau ini sangat tergantung dengan pasang surutnya air laut. Jika air laut pasang, maka permukaan danau ikut naik dan terowongan penghubung akan tertutup oleh air. Tetapi, jika air laut surut, maka air danau ikut berkurang. Terowongan itu juga sering digunakan oleh para nelayan sebagai jalur ketika akan berangkat atau pulang dari melaut.
Danau Napabale
Konon, pada abad kelima belas, menurut cerita yang berkembang pada masyarakat setempat, pernah ditemukan seorang gadis cantik yang terdampar di dalam terowongan tanpa diketahui asal usulnya. Penemuan tersebut, oleh masyarakat dilaporkan kepada raja Kerajaan Muna. Kecantikan dan keelokan paras gadis tersebut membuat raja terpesona dan jatuh hati. Oleh sang raja, gadis yang baru ditemukan itu kemudian didaulat sebagai permaisuri.
Teman-teman adhy06
Pengunjung dapat menggunakan Perahu kecil atau sampan untuk menuju kepantainya atau bisa juga melewati pinggir danau atau melipir danau.
Pengunjung biasanya mendatangi tempat ini saat liburan sekolah dan dipuncak keramaian dari Pantai
Napabale ini adalah pada saat hari Raya Idulfitri atau Idul Adha.

Ini adalah foto saya saat berkunjung ke Pantai Napabale saat lebaran tahun 2010 Kemarin, Bersama Teman-Teman dan Saudara.
adhy06

zul saudara adhy06

Menikmati makana setelah bermain-main dipantai sangat mengasikkan...
Teman-teman adhy06

jika kalian berminat silahkan kunjungi aja Pantai Napabale yang bertempat di Pulau Muna Sulawesi Tenggara.
Blog Advertising

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates