Motherboard


Motherboard atau yang sering disebut mobo merupakan papan sirkuit dmana menjadi tempat perangkat komputer yang lain ditempatkan. Menurut Wikipedia motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Didalam Motherboar terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsi dan manfaat masing-masing.

1. BIOS ( Basic Input/Output System )

Bios merupakan bagian terpenting dari suatu kerja komputer karena Bios adalah bagian dimana software yang terpasang/terinstal pada komputer terhubung dengan perangkat komputer (hardware).

2. Socket/Slot Prosessor

Merupakan tempat dimana nantinya prosessor akan dipasang/diletakan pada motherboard. Terdapata beberapa jenis socket prosessor dari berbagai jenis tipe prosessor yang akan digunakan seperti socket 478, 775 dan socket keluaran intel serta socket yang dirancang untuk prosessor AMD. Sesuai perkembangan jaman sekarang sudah banyak Motherboar yang sudah memiliki socket prosessor yang kompatible dengan beberapa socket.

3. Slot RAM

Slor RAM digunakan untuk menaruh atau menancapkan RAM. Slot RAM sekarang sudah ada beberapa jenis dari SDR sampai DDR3.

4. Slot Ekspansi

Digunakan untuk meletakan komponen-komponen komputer lainnya yang akan meningkatkan kinerja komputer. Contoh dari slot ekspansi yaitu Slot VGA, slot SOUND CARD, Slot lainnya seperti LAN CARD, WIFI CARD.
Untuk slot VGA CARD juga memiliki beberapa jenis yang digolongkan dalam slot PCI, PCI-Ekspres, dan AGP.

5. Baterai CMOS

Berfungsi sebagai sumber daya alternatif jika komputer dalam kondisi mati. Seperti membuat Jam dan Tanggal Komputer tetap berjalan.

6. Konektor

Power : berguna untuk tempat penghubung motherboard dengan sumber daya
Sound : berguna menghubungkan komputer dengan output suara
USB : berguna untuk menghubungkan setiap USB yang ditancapkan pada motherboar
SATA/ATA : berguna untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat keras lainnya seperti hard disk, CD rom, dan Floppy disk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Blogger templates